Kamis, 17 Juni 2010

Untaian Nasehat

Beramal....Beramal....Beramal!!!

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal shaleh, mendirikan sembahyang dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak ( pula ) mereka bersedih hati. ( QS. Al-Quran :277 )

Tiga hal yang mengikuti mayat, yaiutu : keluarganya, hartanya dan amalnya, maka dua yang kembali dan satu tetap ( mengikuti ). Keluarga dan hartanya kembali dan yang tetap ( mengikuti ) adalah amalnya. ( HR. Bukhari-Muslim )

Pergunakanlah lima macam ( waktu ) sebelum datang yang lima macam lagi. Pergunakanlah hidupmu sebelum datang matimu, sehatmu sebelum datang sakitmu, waktu senggangmu sebelum datang kesibukanmu, mudamu sebelum datang masa tuamu dan kayamu sebelum datang miskinmu. ( HR. Baihaqi dari Ibnu Abbas )

Senyummu melihat wajah saudaramu, bagimu adalah sedekah. Dan menyuruhmu akan yang baik-baik dan melarangmu akan yang mungkar-mungkar, adalah sedekah. Dan menunjukkan akan seseorang yang dalam perjalanan yang sesat, bagi engkau adalah sedekah. Dan membuang batu, duri dan tulang dari jalan, bagimu itu adalah sedekah. ( HR. Bukhari )

Adapun orang-orang yang beriman dan berbuat amal sholeh, maka Allah akan menyempurnakan pahala mereka dan menambah untuk mereka sebagian dari karunia-Nya. Adapun orang-orang yang enggan dan menyombongkan diri, maka Allah akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih, dan mereka tidak akan memperoleh bagi diri merkea, pelindung dan penolong selain daripada Allah. ( QS. An-Nisa:173 )

Dan belanjakanlah ( harta bendamu ) di jalan Allah dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. ( QS. Al-Baqarah :195 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar